FREQUENTLY ASKED QUESTIONS

Pertanyaan yang sering ditanyakan tentang Tes Psikometri

Tanya : Apa itu tes psikometri?
Jawab : Tes psikometri adalah cara standar untuk menilai aspek-aspek tertentu dari perilaku manusia. Secara luas ada dua jenis tes : orang-orang yang mengukur kinerja maksimal atau seberapa baik Anda dapat melakukan sesuatu, dan orang-orang yang mengukur performa tertentu atau bagaimana Anda cenderung untuk bereaksi terhadap situasi tertentu. Tipe pertama mencakup sebagian besar tes kemampuan, yang kedua adalah kuesioner, yang mengukur kepribadian, motivasi, nilai-nilai, sikap dan minat.

Tanya : Bagaimana cara kerja tes psikometri?
Jawab : Tes secara hati-hati dirancang sedemikian rupa sehingga setiap orang yang menyelesaikan tes tertentu memiliki pengalaman yang sama, yaitu mereka dihadapkan dengan pertanyaan yang sama dan memiliki jumlah waktu yang sama untuk menjawab soal tes psikometri tersebut. Skor mentah (biasanya jumlah jawaban yang benar) kemudian dikonversi ke nilai standar jika dibandingkan dengan sampel wakil orang-orang yang telah menyelesaikan tes di masa lalu. Hal ini kemudian mungkin untuk mengatakan apakah seseorang memiliki nilai di atas atau di bawah rata-rata, dan berapa banyak orang nilaninya berada di atas atau di bawah rata-rata.

Tanya : Hal apa saja yang dapat diuji dalam tes psikometri?
Jawab : Ada lebih dari 30 kemampuan manusia dapat diuji, seperti kecerdasan umum, penalaran verbal, numerik dan spasial , dan kemampuan mekanis, kecepatan & akurasi pengolahan informasi, dan juga lebih dari 30 aspek kepribadian, mulai dari kepekaan dan kehangatan emosional untuk mendominasi dan ketegangan. Tes juga dapat mengukur visi dan tingkat reaksi seseorang.

Tanya : Siapakah yang menggunakan tes psikometri?
Jawab : Employer/perusahaan semakin meningkatkan memasukkan penggunaan tes bakat (aptitude) ke dalam prosedur penilaian, baik untuk pemilihan staf, tujuan pengembangan dan konseling. Tes yang dibuat secara profesional dan terukur dapat memberikan informasi obyektif, dapat diandalkan dan relevan mengenai keberhasilan dan kepuasan kerja. Pusat-pusat penilaian biasanya menggabungkan informasi yang didapat dari tes bakat dengan yang diperoleh dari kuesioner dan latihan lain seperti mengukur kepribadian dan kecerdasan emosional. Ini digunakan disamping elemen lain dari pusat penilaian seperti presentasi, studi kasus dan wawancara. Tes juga digunakan dalam bimbingan untuk membantu orang untuk memahami lebih banyak tentang kemampuan mereka, kepribadian, dan minat dan membantu mereka untuk mengidentifikasi karier yang sesuai.

Tanya : Dapatkah Anda mempersiapkan untuk tes psikometri?
Jawab : Sulit untuk mempersiapkan ujian dimana Anda perlu berurusan dengan informasi yang diberikan sebagai bagian dari tes. Namun, Anda dapat berlatih teknik, yang akan membuat Anda merasa lebih percaya diri. Ada banyak buku yang berisi materi latihan dan juga dimungkinkan untuk mengakses tes misalnya melalui Internet. Untuk tes numerik Anda akan sering perlu untuk dapat menghitung persentase dan berurusan dengan rasio. Anda mungkin ingin berlatih melakukan perhitungan jenis ini untuk memastikan Anda dapat melakukannya pada hari tes diselenggarakan.

Tanya : Apakah saya mendapatkan rincian tentang tes ketika saya melamar pekerjaan?
Jawab : Jika Anda melamar pekerjaan dan Anda diundang untuk sebuah sesi tes, Anda akan menerima rincian tentang tes dan beberapa informasi praktis. Jika tidak, saya sarankan Anda menanyakannya karena merupakan contoh baik bagi employer/perusahaan untuk menyediakan informasi tersebut.

Tanya : Bagaimana tes digunakan untuk menyeleksi orang-orang untuk sebuah pekerjaan?
Jawab : Tes tersebut merupakan tahap pertama dari pusat penilaian dan digunakan untuk mengukur kemampuan orang dibandingkan dan kunci untuk mengidentifikasi yang penting dalam pekerjaan. Mereka sangat penting untuk mengurangi jumlah pelamar untuk menyisakan daftar kandidat yang lolos seleksi. Pada kesempatan lain, tes tesebut merupakan bagian dari prosedur seleksi bersama dengan tahapan lain, misalnya, wawancara, presentasi dan diskusi kelompok (forum group discussion).

Tanya : Bagaimana tes dapat membantu saya?
Jawab : Tes dapat membantu Anda dalam pencarian karir Anda dengan memahami lebih lanjut tentang kekuatan dan kelemahan serta untuk memilih karier yang cocok dan mendekati dengan kemampuan, kepribadian dan minat Anda. Dalam seleksi tersebut, tes dapat memastikan bahwa Anda akan dinilai adil dalam situasi kompetitif dimana hasil Anda diperlakukan secara objektif.
Kuesioner kepribadian dapat membantu meningkatkan pengetahuan tentang diri Anda yang dapat membuat Anda lebih efektif dengan orang lain dan dalam cara Anda bekerja. Bidang minat Anda dapat memperluas kemungkinan karir Anda dengan memberikan rincian tentang pekerjaan yang mengikat dengan kepentingan Anda. Ketika digunakan dalam bimbingan karir, hasil tes membantu Anda untuk memahami lebih lanjut tentang diri Anda, sehingga Anda tahu bahwa Anda memiliki kekuatan di satu area tetapi tidak di area lainnya. Namun, ketika tes tersebut digunakan untuk seleksi, nilai batas atas dan batas bawah akan mutlak dibuat. Anda memerlukan nilai minimum untuk dapat diterima, atau jumlah orang dengan nilai tertinggi terpilih untuk lanjut ke tahapan berikutnya.

Tanya : Bisakah saya gagal dalam ujian?
Jawab : Tes tidak dapat direpresentasikan lulus atau gagal karena nilai biasanya disajikan sebagai persentil. Jadi skor di 60 persentil tidak berarti skor 60%, itu berarti Anda memperoleh angka lebih baik dari 60% dari grup yang sebanding. Anda tidak dapat gagal kuesioner kepribadian dan mungkin saja diberi kesempatan untuk mendiskusikan hasil Anda dengan staf yang berkualitas, hal ini akan memungkinkan Anda untuk memberikan contoh yang mendukung tanggapan atau jawaban yang Anda berikan.

Tanya : Bagaimana keputusan dibuat?
Jawab : Hasil dari sebagian besar pusat-pusat penilaian didasarkan pada kombinasi data dari berbagai sumber. Bahkan jika Anda tidak merasa yakin dengan kinerja Anda dalam tes, Anda mungkin memiliki kekuatan lain, yang akan diperhitungkan. Perusahaan/Employer sering menawarkan kesempatan untuk mendapatkan umpan balik hasil tes. Hal ini dapat membantu Anda untuk memahami kemampuan Anda sendiri dan berpikir. Kadang-kadang Anda perlu bertanya, jadi bersikaplah proaktif. Hasil yang diperoleh dari tes yang digunakan secara profesional akan dirahasiakan.